cover
Contact Name
JURNAL GOVERNANSI
Contact Email
jurnal.administrasinegara@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.administrasinegara@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL GOVERNANSI
ISSN : 24423971     EISSN : 25497138     DOI : -
Core Subject : Social,
JURNAL GOVERNANSI (p-ISSN: 2442-3971 dan e-ISSN 2549-7138) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Administrasi Publik dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020" : 8 Documents clear
Public Private People Partnership as Tourism Development Strategy for Kepulauan Bawean Dzakiyah Adalatul Hikmah; Andika Maulana; Arimurti Kriswibowo
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.929 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2651

Abstract

Indonesia has great potentials in the field of tourism. The cumulative data of the Central Statistics Agency in January-August 2019 indicated that the number of foreign tourist visits to Indonesia reached 10.87 million visits or up 2.67 percent compared with the number of foreign tourists visiting the same period in 2018, which amounted to 10.58 million visits. These data indicate that the number of tourists continues to increase and will impact on foreign exchange income both central and regional. However, in reality, tourism potentials in the regional scope lack the spotlight for the central government, and the local government has not been able to manage it. Kepulauan Bawean saves a lot of variety of maritime tourism charm and has an amazing underwater ecological wealth in the form of a group of islands, each of which has its uniqueness. Kepulauan Bawean lies 80 miles from the mainland of Gresik Regency. The purpose of this research is to recommend a strategy for developing tourism model through public-private-people partnerships (4Ps) for Kepulauan Bawean, Gresik Regency. The method used in this research is qualitative descriptive with data collection techniques through interviews and literature review. The results of this research provide a conceptual description of 4Ps and 4Ps implementation steps for Kepulauan Bawean by using the analysis of the application of three-flow theory in the agenda setting consisting of problem stream, policy stream, and political stream. The concept of public-private-people partnership is very suitable to be applied because it involves government, private and community actors to be partner as a tourism development strategy for Kepulauan Bawean.Key words: Kepulauan Bawean, Public-Private-People Partnership, Tourism, Public Service.
Penilaian Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (Studi Kasus pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor) Wina Liana Rosni; Denny Hernawan; Ginung Pratidina
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.338 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.1765

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kinerja organisasi perangkat daerah, yaitu Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor. Penilaian kinerja organisasi didasarkan pada lima dimensi, yaitu produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis. Sampel penelitian terdiri dari pegawai Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor sebanyak 75 orang. Pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan (angket, observasi dan wawancara) dan penelitian kepustakaan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Weight Mean Score untuk menghitung skor rerata penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja organisasi yang ditinjau dari dimensi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas memperoleh skor rerata sebesar 4,14 yang termasuk dalam kategori penilaian baik. Penelitian ini juga menemukan hambatan pokok yang mempengaruhi kinerja organisasi, yaitu kurang-memadainya ketersediaan sumber daya manusia pegawai. Tugas, fungsi dan tanggung jawab Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bogor untuk menjaga ketertiban, keamanan dan ketenteraman di wilayah Kota Bogor hanya dijalankan oleh pegawai yang sedikit jumlahnya sehingga berdampak terhadap kinerja organisasi.Kata kunci: Kinerja Organisasi, Sumber Daya Manusia, Organisasi Perangkat Daerah.
Implementasi Entrepreneurial Government di Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor Mahmud Danil; Akhmad Munjin; G. Goris Seran
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.673 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.1776

Abstract

Birokrasi pemerintahan kecamatan masih sering menimbulkan permasalahan yang kompleks dan kurang kondusif sehingga diperlukan perubahan-perubahan mendasar secara struktural, prosesual dan kultural. Perubahan-perubahan birokrasi tersebut ditempuh pemerintah kecamatan agar dapat meningkat-kan efisiensi dan efektivitas kerjanya. Untuk itu perlu diterapkan strategi mewirausahakan birokrasi. Inti menerapkan strategi ini mengacu pada praktek transformasi struktural, prosesual, dan kultural dalam rangka memperbarui dan mewirausahakan sektor pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi entrepreneurial government di Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Penelitian ini merujuk teori dari David Osborne dan Peter Plastrik yang mengemukakan lima strategi menuju pemerintahan wirausaha, yaitu strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan, strategi pengendalian dan strategi budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data memakai rumus Weight Mean Score untuk menghitung skor rerata. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa strategi inti memperoleh skor rerata sebesar 4,74 dengan kategori penilaian sangat baik. Strategi konsekuensi memperoleh skor rerata sebesar 4,28 dengan kategori penilaian sangat baik. Strategi pelanggan memperoleh skor rerata sebesar 4,33 dengan kategori penilaian sangat baik. Strategi pengendalian memperoleh skor rerata sebesar 3,87 dengan kategori penilaian baik. Strategi budaya memperoleh skor rerata sebesar 4,01 dengan kategori penilaian baik. Dengan demikian, hasil analisis secara keseluruhan dimensi strategi memperoleh skor rerata sebesar 4,25 dengan kategori penilaian sangat baik.Kata kunci: Kota Bogor, Birokrasi, Pemerintahan Wirausaha, Pelayanan Publik, Pembaruan.
Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pertanahan Euis Salbiah; Irma Purnamasari; Maria Fitriah; Agustini Agustini
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.611 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2227

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan di Kabupaten Cianjur. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang digunakan sebagai metode untuk memperoleh deskripsi yang utuh dan realistis tentang partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan pertanahan di Kabupaten Cianjur. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peningkatan kualitas pelayanan publik termasuk kualitas pelayanan pertanahan diperlukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparatur sebagai penyedia pelayanan publik dengan menjadikan partisipasi masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik. Partisipasi masyarakat dapat berupa penyampaian keluhan/pengaduan, aspirasi, pemikiran, kepentingan dan permasalahan dalam pelayanan publik. Bentuk lain partisipasi masyarakat dapat berupa menemukan informasi atau akses lainnya, inisiatif (voice/suara) dan apresiasi warga (masukan), serta mekanisme untuk terlibat dalam pengambilan keputusan. Partisipasi masyarakat dapat dikelola secara efektif dengan menyediakan sarana partisipasi, menugaskan pelaksana yang kompeten, menangani keluhan/pengaduan sebagai salah satu bentuk partisipasi masyarakat dan menindaklanjuti keluhan/pengaduan.Kata kunci: Partisipasi Masyarakat, Kabupaten Cianjur, Kualitas Pelayanan Pertanahan, Pelayanan Publik.
Implementasi Kebijakan Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Bogor Siti Shopiatul Islami; Irma Purnamasari; G. Goris Seran
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.57 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2566

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan teori ambiguitas-konflik implementasi kebijakan dari Richard E. Matland yang mencakup empat dimensi, yaitu ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksana, ketepatan target, dan ketepatan lingkungan. Metode penelitian bersifat deskriptif-kualitatif. Responden penelitian adalah pegawai Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor dan 19 Pusat Perbelanjaan dan Pertokoan Modern di Kota Bogor. Instrumen utama pengumpulan data adalah kuesioner, yang kemudian dibantu dengan wawancara, pengamatan dan pustaka/dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan rumus Weight Mean Score untuk mendapatkan skor rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Bogor adalah baik. Hal ini dapat dilihat dari penerapan program yang berjalan sesuai aturan dan angka penurunan penggunaan kantong plastik yang signifikan. Implementasi kebijakan peraturan ini menunjukkan administrative implementation, dimana terdapat tingkat ambiguitas yang rendah dan tingkat konflik yang rendah di antara pelaksana kebijakan, sasaran kebijakan dan masyarakat pengguna. Namun ditemukan masih sangat rendahnya pemahaman masyarakat mengenai lingkungan. Kata kunci: Kota Bogor, Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Implementasi Kebijakan, Pusat Perbelanjaan dan Pertokoan Modern.
Efektivitas Penilaian Kinerja Berbasis E-Kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian Indra Rukmana; Rita Rahmawati; Euis Salbiah
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.794 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2633

Abstract

Penilaian kinerja memegang peranan penting bagi organisasi karena memungkinkan organisasi untuk mengetahui, mengukur dan menilai kinerja pegawai. Hasil penilaian kinerja membantu organisasi untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan sumber daya manusia organisasi. Penilaian kinerja sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian. Penilaian kinerja dipandang sebagai penilaian atas prestasi/kemampuan kerja yang ditunjukkan oleh pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan target kerja, yaitu jumlah beban kerja yang dicapai dari setiap pelaksanaan tugas jabatan. Kinerja pegawai tersebut dinilai efektivitasnya berdasarkan empat dimensi, yaitu kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 61 dijadikan sebagai responden penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif dengan dibantu melalui penghitungan skor rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penilaian kinerja berbasis e-kinerja di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian memperoleh skor rerata sebesar 4,14 termasuk kategori penilaian baik. Dikaitkan dengan empat dimensi penilaian kinerja, maka skor tertinggi berada pada dimensi kualitas yang memperoleh skor rerata sebesar 4,24 termasuk dalam kategori penilaian sangat baik, sedangkan dimensi biaya memiliki skor rerata terendah sebesar 4,06 walaupun termasuk kategori penilaian baik.Kata kunci: Kinerja Pegawai, Efektivitas, E-Kinerja, Penilaian Kinerja.
Implementasi Kebijakan Revitalisasi Pasar Tradisional Sarijadi Kota Bandung Engkus Engkus
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.576 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2388

Abstract

Pasar tradisional mempunyai peranan yang sangat strategis dalam peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja. Namun, saat ini daya saing, keberadaan dan peran pasar tradisional mengalami penurunan seiring dengan pesatnya perkembangan toko modern. Permasalahan yang diteliti adalah revitalisasi pasar tradisional di Pasar Sarijadi Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan revitalisasi pasar tradisional, kendala dan upaya dalam kebijakan revitalisasi pasar tradisional. Penelitian ini menggunakan teori Merilee S. Grindle, bahwa keberhasilan implementasi kebijakan publik dipengaruhi oleh dua variabel yang fundamental, yakni isi kebijakan (content of policy) dan konteks implementasi (context of implementation).  Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen dengan teknik pengambilan sampel purposif. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, dimana komponen reduksi data dan penyajian data dilakukan secara bersamaan, selanjutnya komponen tersebut berinteraksi untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pembangunan dan pengelolaan sarana perdagangan yang belum sesuai.Kata kunci: Kota Bandung, Implementasi Kebijakan, Pasar Tradisional, Revitalisasi.
Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor Jun Sam Yang; Denny Hernawan; G. Goris Seran
Jurnal Governansi Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020
Publisher : LPPM Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.849 KB) | DOI: 10.30997/jgs.v6i1.2508

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kinerja pegawai negeri sipil di Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Robbins mengemukakan lima dimensi untuk mengukur kinerja pegawai negeri sipil, yaitu kualitas (quality), kuantitas (quantity), ketepatan waktu (pomptnees), efektivitas (effectiveness), dan kemandirian (independence). Metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh pegawai negeri sipil Kecamatan Bogor Selatan sebanyak 24 orang dan semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan penelitian lapangan (kuesioner, wawancara dan pengamatan) untuk mendapatkan data primer dan penelitian kepustakaan untuk mengumpulkan data sekunder. Data kuesioner dianalisis dengan menggunakan rumus Weight Mean Score untuk menghitung skor rerata. Data sekunder digunakan untuk memperkaya pembahasan tentang kinerja pegawai negeri sipil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai negeri sipil memperoleh skor rerata sebesar 3,6 yang dikategorikan baik. Ini berarti bahwa rata-rata kinerja pegawai di Kecamatan Bogor Selatan sudah baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi sehingga dapat membantu pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Kondisi baik tersebut dapat dilihat dari adanya penghargaan yang diberikan oleh atasan/camat, kemajuan kualitas pekerjaan pegawai, peningkatan pengetahuan dalam aktivitas pengelolaan pekerjaan, penyelesaian pekerjaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dan inisiatif pegawai dalam melaksanakan pekerjaan tidak semata-mata bergantung pada atasan/camat.Kata kunci: Kota Bogor, Pegawai Negeri Sipil, Kinerja, Pemerintahan Daerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Governansi Volume 9 Nomor 2, Oktober 2023 Vol 9 No 1 (2023): Jurnal GOVERNANSI Volume 9 Nomor 1, April 2023 Vol 8 No 2 (2022): Jurnal Governansi Volume 8 Nomor 2, Oktober 2022 Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Governansi Volume 8 Nomor 1, April 2022 Vol 7 No 2 (2021): Jurnal Governansi Volume 7 Nomor 2, Oktober 2021 Vol 7 No 1 (2021): Jurnal GOVERNANSI Vol 7 No 1, April 2021 Vol 6 No 2 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 2, Oktober 2020 Vol 6 No 1 (2020): JURNAL GOVERNANSI, Vol. 6 No. 1, April 2020 Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Governansi Vol. 5 No. 2 Oktober 2019 Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Governansi Vol. 5 No. 1 April 2019 Vol 4 No 2 (2018): JURNAL GOVERNANSI Vol 4 No 2, Oktober 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL GOVERNANSI Vol 4 No 2, Oktober 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL GOVERNANSI Vol 4 No 1, April 2018 Vol 4 No 1 (2018): JURNAL GOVERNANSI Vol 4 No 1, April 2018 Vol 3, No 2 (2017): JURNAL GOVERNANSI Vol 3 No 2, OKTOBER 2017 Vol 3 No 2 (2017): JURNAL GOVERNANSI Vol 3 No 2, OKTOBER 2017 Vol 3 No 1 (2017): Jurnal GOVERNANSI Vol 3 No 1, April 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal GOVERNANSI Vol 3 No 1, April 2017 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal GOVERNANSI Vol 2 No 2, Oktober 2016 Vol 2 No 2 (2016): Jurnal GOVERNANSI Vol 2 No 2, Oktober 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal GOVERNANSI Vol 2 No 1, April 2016 Vol 2 No 1 (2016): Jurnal GOVERNANSI Vol 2 No 1, April 2016 Vol 1 No 2 (2015): Jurnal GOVERNANSI Vol 1 No 2, Oktober 2015 Vol 1, No 2 (2015): Jurnal GOVERNANSI Vol 1 No 2, Oktober 2015 Vol 1 No 1 (2015): Jurnal GOVERNANSI Vol 1 No 1, April 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal GOVERNANSI Vol 1 No 1, April 2015 More Issue